Jumat, 23 November 2012


PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Tujuan                            : Mengukur keterampilan proses sains siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Jenjang Pendidikan       :  Sekolah Menengah Pertama
Kelas/semsester              : VIII/I
Materi                              : Teorema Pythagoras
Standar Kompetensi      : Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar         : Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.

No
Aspek yang dinilai
Tingkatan Aktifitas yang diperlihatkan
Sangat Baik
Baik
Kurang
1.
Mengamati
·         Menggunakan banyak indera dalam mengamati percobaan dalam menemukan Teorema Pythagoras
·         Mengumpulkan/menggunakan fakta yang relevan mengenai percobaan menemukan teorema Pythagoras tersebut.
·         Menggunakan sedikit indera dalam mengamati percobaan dalam menemukan Teorema Pythagoras
·        Mengumpulkan/menggunakan fakta yang relevan mengenai percobaan menemukan teorema Pythagoras tersebut.
·         Menggunakan sedikit indera dalam mengamati percobaan dalam menemukan Teorema Pythagoras

2.
Mengelompokkan/ mengklasifikasi

·         Mencatat setiap  pengamatan  dalam percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras secara terpisah
·         Mencari perbedaan, persamaan dan mengontraskan ciri-ciri
·         Membandingkan dan mencari dasar pengelompokkan dan penggolongan
·         Menghubungkan hasil-hasil pengamatan dalam percobaan menemukan rumus teorema pythagoras
·         Mencatat setiap  pengamatan  dalam percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras secara terpisah
·         Menghubungkan hasil-hasil pengamatan dalam percobaan menemukan rumus teorema pythagoras
·         Mencatat setiap  pengamatan  dalam percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras secara terpisah

3
Menafsirkan/interpretasi
·         Mendapatkan data hasil pengamatan dengan tepat, adanya deskripsi, menyimpulkan hasil pengamatan dengan tepat
·         Mendapatkan data hasil pengamatan dengan tepat, adanya deskripsi, menyimpulkan hasil pengamatan
·      Data hasil pengamatan kurang lengakap, hanya sebagian yang dideskripsikan, kesimpulan kurang tepat
4.
Meramalkan/ prediksi
·         Menggunakan banyak pola hasil pengamatan
·         Mengemukakan apa yang terjadi pada keadaan yang belum diamati
·         Menggunakan sedikit pola hasil pengamatan
·         Mengemukakan apa yang terjadi pada keadaan yang belum diamati
·         Menggunakan sedikit pola hasil pengamatan

5.
Mengajukan pertanyaan

·         Bertanya apa, bagaimana, dan mengapa.
·         Bertanya untuk meminta penjelasan.
·         Mengajukan pertanyaan yang melatar belakang hipotesis
·         Bertanya apa, bagaimana, dan mengapa.
·         Bertanya untuk meminta penjelasan.

·         Bertanya apa, bagaimana, dan mengapa.

6.
Berhipotesis

·         Mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian selama percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras.
·         Menyadari bahwa suatu penjelasan perlu diuji  kebenarannya dengan memperoleh  bukti lebih banyak atau melakukan  cara pemecahan masalah
·         Mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian selama percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras.
·         Menyadari bahwa suatu penjelasan perlu diuji  kebenarannya dengan memperoleh  bukti lebih banyak
·         Mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian selama percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras.

7.
Merencanakan percobaan/
penelitian

·         Menjelalaskan tujuan yang logis dan relevan dengan, menjelaskan hipotesis yang mengacu pada tujuan, menjelaskan alat dan bahan dengan benar, menjelaskan cara kerja dengan benar.
·         Menjelalaskan tujuan yang logis dan relevan dengan, menjelaskan alat dan bahan dengan benar, menjelaskan cara kerja dengan benar.
·         Menjelalaskan tujuan yang logis dan relevan dengan, menyebutkan alat dan bahan dengan benar, menyebutkan cara kerja dengan benar.
8.
Menggunakan alat/bahan

·         Dapat menggunakan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras dengan tepat, mengerti kegunaan alat dan bahan yang digunakan, dapat membedakan fungsi dari masing-masing alat
·         Dapat menggunakan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras, mengenal keguanaan alat dan bahan yang digunakan, mengenal fungsi dari masing-masing alat
·      Kurang bisa menggunakan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras, mengenal sebagian keguanaan alat dan bahan yang digunakan, mengenal sebagian fungsi dari masing-masing alat
9.
Menerapkan konsep

·         Menggunakan konsep teorema Pythagoras yang telah  dipelajari dalam situasi baru
·         Menggunakan konsep teorema Pythagoras pada pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
·         Menggunakan konsep teorema Pythagoras yang telah  dipelajari dalam situasi baru
·         Menggunakan konsep teorema Pythagoras pada pengalaman baru
·         Menggunakan konsep teorema Pythagoras yang telah  dipelajari dalam situasi baru

10.
Berkomunikasi

·         Memberikan/menggambarkan data empiris hasil percobaan/ pengamatan mengenai rumus teorema Pythagoras dengan grafik, tabel atau cara lainnya.
·         Menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis
·         Menjelaskan hasil percobaan mengenai rumus teorema Pythagoras
·         Mendiskusikan hasil kegiatan suatu masalah atau suatu peristiwa yang berhubungan dengan teorema pythagoras
·         Memberikan/menggambarkan data empiris hasil percobaan/ pengamatan mengenai rumus teorema Pythagoras dengan grafik, tabel atau cara lainnya.
·         Menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis
·         Menjelaskan hasil percobaan mengenai rumus teorema Pythagoras

·         Memberikan/menggambarkan data empiris hasil percobaan/ pengamatan mengenai rumus teorema Pythagoras dengan grafik, tabel atau cara lainnya.

Nama Siswa   :           ____________________________________


No
Aspek yang dinilai

Skor


1
2
3
1
Mengamati



2
Mengelompokkan/ mengklasifikasi




3
Menafsirkan/interpretasi



4
Meramalkan/ prediksi



5
Mengajukan pertanyaan




6
Berhipotesis




7
Merencanakan percobaan/
penelitian




8
Menggunakan alat/bahan




9
Menerapkan konsep




10
Berkomunikasi





Kriteria Pemberian Skor:
Skor 1 =   Sangat baik
Skor 2 =   Baik
Skor 3 =   Kurang
Penilaian Terakhir :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar