Senin, 05 November 2012

rubrik penilaian kognitif, afektif, psikomotor

Lembar Penilaian Kognitif

Tujuan    : Lembar Penilian Aspek Kognitif digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi) tentang pengetahuan dan kemampuan siswa pada saat proses dan/atau setelah pembelajaran berlangsung.

KISI-KISI BUTIR SOAL / INSTRUMEN
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Aspek Kognitif
Banyak Soal
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
1.      Menjelaskan dalil pythagoras dan syarat berlakunya.


1

1
2.      Menentukan jenis segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya


2

1
3.      Menuliskan dalil pythagoras untuk sisi-sisi segitiga


3

1
4.      Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui


4
1











Bentuk Soal : Essay

Petunjuk:  A. Baca dan pahamilah setiap pertanyaan pada soal di bawah ini
                   B. Berikan jawaban sesuai dengan pertanyaan
                   C.             Tidak diizinkan membuka buku atau sumber belajar selama tes
Soal
1.      Tuliskan cara menemukan rumus teorema phytagoras!
2.      Dengan memeriksa sisi-sisi segitiga berikut tentukan jenis segitiga itu berdasarkan sudutnya (lancip, tumpul, atau siku-siku).
a. sisi-sisi segitiga 5 cm, 6 cm, dan 7 cm
b. sisi-sisi segitiga 5 cm, 13 cm, dan 12 cm
c. sisi-sisi segitiga 5 cm, 10 cm dan 10 cm
3.      Tuliskan dalil pythagoras untuk sisi-sisi segitiga berikut:
a.       Segitiga ABC, siku-siku di B
b.      Segitiga PQR, siku-siku di R
c.       Segitiga XYZ, siku-siku di X
4.      Pada gambar di bawah ini, x adalah panjang salah satu sisi segitiga tersebut. Tentukan nilai x !



10                  12



             x












Rubrik penilaian soal

Nomor Soal
Kunci Jawaban
Bobot
Skor
4
3
2
          1
1
Perhatikan Gambar berikut!



                    A


           II      b        c      III
                          a
                   C                B
                             I

Pada Gambar di atas berlaku:
Luas Persegi I + Luas Persegi II = Luas Persegi III
              
Maka pada Segitiga ABC, siku-siku di B, berlaku:
          


Menjawab dengan uraian jawaban lengkap hingga diperoleh:


Menjawab dengan uraian jawaban lengkap namun diperoleh:



Menjawab dengan uraian jawaban tidak lengkap namun diperoleh
Gambar dengan keterangannya


Menjawab
dengan uraian
 jawaban
 tidak lengkap
atau menjawab       10
 salah

2

a.  +  >  maka berupa segitiga lancip
b.  +  =  maka berupa segitiga siku-siku
c.  +  >  maka berupa segitiga lancip



Menjawab dengan benar a, b, dan c

Menjawab dengan benar a dan b

Menjawab dengan benar  hanya c

Menjawab
dengan salah          10
a, b, dan c
3
a.
   A
                               
 B             C

b.
   P
                               
 R             Q


c.
   Y                                                                                                                  
                                  
 X             Z


Menjawab dengan benar a, b, dan c

Menjawab dengan benar a dan b

Menjawab dengan benar  hanya c

Menjawab
dengan salah
 a, b, dan c              10
4

x =  =  =  =   2


Menjawab dengan uraian jawaban lengkap sampai diperoleh
2

Menjawab dengan uraian jawaban lengkap namun sampai diperoleh
 
Menjawab dengan uraian jawaban tidak lengkap namun sampai diperoleh
Menjawab
dengan uraian
 jawaban
 tidak lengkap
atau
menjawab               20
salah



Keterangan:
4= sangat baik
3=baik
2=cukup
1=kurang

Perhitungan Nilai:

Nilai = Skor yang diperoleh  × 100
            Skor Maksimum















Lembar Penilaian Afektif

Tujuan                                  : Lembar Penilaian Aspek Afektif digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi tentang  minat dan motivasi siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
Petunjuk                               : 1. Amati komponen afektif yang tampak dalam proses pembelajaran.
                                                  2. Ambil posisi tidak jauh dari kelompok/siswa yang diamati pada saat melakukan pengamatan.
                                                  3. Berilah tanda √ pada jalur yang sesuai.
No
Aspek yang dinilai
Skor
Nama Siswa
A
B
C
D
E
F
...
1.        

Memperhatikan penjelasan guru.
0







1







2







2.        
Mengikuti pembelajaran dengan serius.
0







1







2







3.        
Memperhatikan media pembelajaran.

0







1







2







4.        
Mengikuti diskusi kelompok dengan sungguh-sungguh.
0







1







2







5.        
Bekerjasama dalam kelompok.
0







1







2







6.        
Menghargai pendapat teman lain baik lisan maupun tingkah laku.
0







1







2







7.        

Mengungkapkan gagasan
0







1







2







8.        
Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman.
0







1







2







9.        
Menjelaskan kembali pembelajaran dengan konteks lain.
0







1







2







10.    
Menyimpulkan hasil pembelajaran.
0







1







2








Jumlah









Kriteria Pemberian Skor:  Sangat baik (2), Baik (1),  Tidak Baik (0)

                                    Nilai = Skor yang diperoleh  × 100
   Skor Maksimum
Keterangan:
A               : 81-100     Sangat Baik
B                : 61-80       Baik
C                : 41-60       Cukup
D               : ≤ 40         Kurang
Lembar Penilaian Psikomotor

Tujuan    : Lembar Penilian Aspek Psikomotor digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi) tentang keterampilan psikomotor siswa saat proses pembelajaran berlangsung.

Petunjuk:1.    Amati komponen-komponen psikomotor yang tampak dalam proses pembelajaran.
                   2.  Ambil posisi tidak jauh dari kelompok/siswa yang diamati pada saat melakukan pengematan.
                   3. Berikan tanda Ö pada lajur yang sesuai

Nama Siswa   :           ____________________________________

Kegiatan      :  ____________________________________

No
Aspek yang dinilai

Skor

1
2
3
1
Mendemonstrasikan keterampilan dalam menyusun potongan potongan kertas berbentuk segitiga siku-siku dan persegi dalam membuktikan teorema pythagoras



2
Berdiskusi dalam diskusi kelompok setelah investigasi mengenai teorema pythagoras selesai dilakukan





Kriteria Pemberian Skor:
Skor 1 =   Kurang mampu
Skor2 =    Cukup mampu
Skor3 =    Sangat terampil

Penilaian Terakhir :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar