Nama :
Akhmad Fikri Rosyadi
Magister Pendidikan IPA
PENILAIAN
KINERJA
Mata
Pelajaran Kelas : Matematika
Kelas / Semester : VIII / 1
Kompetensi
Dasar : Menyatakan bentuk fungsi dan
menghitung nilai fungsi
Materi : Menghitung nilai
fungsi
A. Contoh Tugas:
Dengan
menggunakan mesin fungsi yang telah kamu buat, lakukan bersama teman-teman
sekelompokmu kegiatan mempraktekkan cara kerja mesin fungsi untuk fungsi-fungsi
berikut:
a.
F(x)= -3x
b.
F(x)= -3x + 2
c.
F(x)= -2x-2
d.
F(x)= 5x-2
Perlihatkan
di depan teman-temanmu kegiatan mempraktekkan mesin fungsi milik kelompokmu itu
untuk fungsi-fungsi tersebut!
B. Penilaian
Dalam tugas
ini siswa harus menerapkan konsep-konsep: fungsi. Siswa harus mengoperasikan
bilangan yang menjadi domain, untuk memperoleh range.
Kriteria
Penskoran:
Tingkat (Level)
|
Kriteria
Umum
|
4 (Superior)
|
•
Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep fungsi
•
Menggunakan strategi-strategi yang sesuai dengan cara kerja mesin fungsi
•
Komputasinya (perhitungan) benar
•
Penjelasan patut dicontoh
•
Diagram/ tabel/ grafik tepat (sesuai dengan permintaan)
•
Melebihi pemecahan masalah yang diinginkan
|
3 (Memuaskan
dengan sedikit kekurangan)
|
•
Menunjukkan pemahaman terhadap konsep fungsi
•
Menggunakan strategi yang sesuai dengan cara kerja mesin fungsi
•
Komputasi sebagian besar benar
•
Penjelasan efektif
•
Diagram/ tabel/ grafik sebagian besar tepat
•
Memenuhi semua pemecahan masalah yang diinginkan
|
2 (Cukup
memuaskan dengan banyak kekurangan)
|
•
Menunjukkan pemahaman terhadap sebagian besar
konsep-
fungsi
•
Tidak menggunakan strategi yang sesuai dengan cara kerja mesin fungsi
•
Komputasi sebagian besar benar
•
Penjelasan memuaskan
•
Diagram/ tabel/ grafik sebagian besar tepat
•
Memenuhi sebagian besar pemecahan masalah yang diinginkan
|
1 (Tidak
memuaskan)
|
•
Menunjukkan sedikit atau tidak ada
pemahaman terhadap
konsep menentukan nilai fungsi
•
Tidak menggunakan strategi yang sesuai dengan cara kerja mesin fungsi
•
Komputasi tidak benar
•
Penjelasan tidak memuaskan
•
Diagram/ tabel/ grafik tidak tepat
•
Tidak mememuhi pemecahan masalah yang diinginkan
|
Rubrik
No
|
Aspek
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menunjukkan pemahaman terhadap konsep fungsi
|
||||
2.
|
Menggunakan strategi-strategi yang sesuai cara kerja
mesin fungsi
|
||||
3.
|
Komputasinya benar
|
||||
4.
|
Tulisan penjelasannya tepat
|
||||
5.
|
Diagram/table/grafik tepat (sesuai dengan
penerapannya)
|
Nilai = Skor yang
diperoleh × 100
Skor Maksimum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar