Lembar Penilaian Kognitif
Tujuan : Lembar Penilian Aspek Kognitif digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi) tentang pengetahuan dan kemampuan siswa pada saat proses dan/atau setelah pembelajaran berlangsung.
KISI-KISI BUTIR SOAL / INSTRUMEN
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Aspek Kognitif
|
Banyak Soal
| ||
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
|
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
|
1. Menjelaskan dalil pythagoras dan syarat berlakunya.
|
1
|
1
| ||
2. Menentukan jenis segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya
|
2
|
1
| ||||
3. Menuliskan dalil pythagoras untuk sisi-sisi segitiga
|
3
|
1
| ||||
4. Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui
|
4
|
1
|
Bentuk Soal : Essay
Petunjuk: A. Baca dan pahamilah setiap pertanyaan pada soal di bawah ini
B. Berikan jawaban sesuai dengan pertanyaan
C. Tidak diizinkan membuka buku atau sumber belajar selama tes
Soal
1. Tuliskan cara menemukan rumus teorema phytagoras!
2. Dengan memeriksa sisi-sisi segitiga berikut tentukan jenis segitiga itu berdasarkan sudutnya (lancip, tumpul, atau siku-siku).
a. sisi-sisi segitiga 5 cm, 6 cm, dan 7 cm
b. sisi-sisi segitiga 5 cm, 13 cm, dan 12 cm
c. sisi-sisi segitiga 5 cm, 10 cm dan 10 cm
3. Tuliskan dalil pythagoras untuk sisi-sisi segitiga berikut:
a. Segitiga ABC, siku-siku di B
b. Segitiga PQR, siku-siku di R
c. Segitiga XYZ, siku-siku di X
4. Pada gambar di bawah ini, x adalah panjang salah satu sisi segitiga tersebut. Tentukan nilai x !
10 12
Rubrik penilaian soal
Nomor Soal
|
Kunci Jawaban
|
| ||||
4
|
3
|
2
|
1
| |||
1
|
Perhatikan Gambar berikut!
A
I
Pada Gambar di atas berlaku:
Luas Persegi I + Luas Persegi II = Luas Persegi III
Maka pada Segitiga ABC, siku-siku di B, berlaku:
|
Menjawab dengan uraian jawaban lengkap hingga diperoleh:
|
Menjawab dengan uraian jawaban lengkap namun diperoleh:
|
Menjawab dengan uraian jawaban tidak lengkap namun diperoleh
Gambar dengan keterangannya
|
Menjawab
dengan uraian
jawaban
tidak lengkap
atau menjawab 10
salah
| |
2
|
a.
b.
c.
|
Menjawab dengan benar a, b, dan c
|
Menjawab dengan benar a dan b
|
Menjawab dengan benar hanya c
|
Menjawab
dengan salah 10
a, b, dan c
| |
3
|
a.
b.
c.
|
Menjawab dengan benar a, b, dan c
|
Menjawab dengan benar a dan b
|
Menjawab dengan benar hanya c
|
Menjawab
dengan salah
a, b, dan c 10
| |
4
|
x =
|
Menjawab dengan uraian jawaban lengkap sampai diperoleh
2
|
Menjawab dengan uraian jawaban lengkap namun sampai diperoleh
|
Menjawab dengan uraian jawaban tidak lengkap namun sampai diperoleh
|
Menjawab
dengan uraian
jawaban
tidak lengkap
atau
menjawab 20
salah
|
Keterangan:
4= sangat baik
3=baik
2=cukup
1=kurang
Perhitungan Nilai:
Nilai = Skor yang diperoleh × 100
Skor Maksimum
Lembar Penilaian Afektif
Tujuan : Lembar Penilaian Aspek Afektif digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi tentang minat dan motivasi siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
Petunjuk : 1. Amati komponen afektif yang tampak dalam proses pembelajaran.
2. Ambil posisi tidak jauh dari kelompok/siswa yang diamati pada saat melakukan pengamatan.
3. Berilah tanda √ pada jalur yang sesuai.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nama Siswa
| ||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
...
| |||
1.
|
Memperhatikan penjelasan guru.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
2.
|
Mengikuti pembelajaran dengan serius.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
3.
|
Memperhatikan media pembelajaran.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
4.
|
Mengikuti diskusi kelompok dengan sungguh-sungguh.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
5.
|
Bekerjasama dalam kelompok.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
6.
|
Menghargai pendapat teman lain baik lisan maupun tingkah laku.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
7.
|
Mengungkapkan gagasan
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
8.
|
Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
9.
|
Menjelaskan kembali pembelajaran dengan konteks lain.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
10.
|
Menyimpulkan hasil pembelajaran.
|
0
| |||||||
1
| |||||||||
2
| |||||||||
Jumlah
|
Kriteria Pemberian Skor: Sangat baik (2), Baik (1), Tidak Baik (0)
Nilai = Skor yang diperoleh × 100
Skor Maksimum
Keterangan:
A : 81-100 Sangat Baik
B : 61-80 Baik
C : 41-60 Cukup
D : ≤ 40 Kurang
Lembar Penilaian Psikomotor
Tujuan : Lembar Penilian Aspek Psikomotor digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi) tentang keterampilan psikomotor siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
Petunjuk:1. Amati komponen-komponen psikomotor yang tampak dalam proses pembelajaran.
2. Ambil posisi tidak jauh dari kelompok/siswa yang diamati pada saat melakukan pengematan.
3. Berikan tanda Ö pada lajur yang sesuai
Nama Siswa : ____________________________________
Kegiatan : ____________________________________
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
| ||
1
|
2
|
3
| ||
1
|
Mendemonstrasikan keterampilan dalam menyusun potongan potongan kertas berbentuk segitiga siku-siku dan persegi dalam membuktikan teorema pythagoras
| |||
2
|
Berdiskusi dalam diskusi kelompok setelah investigasi mengenai teorema pythagoras selesai dilakukan
|
Kriteria Pemberian Skor:
Skor 1 = Kurang mampu
Skor2 = Cukup mampu
Skor3 = Sangat terampil
Penilaian Terakhir :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar