PENILAIAN KETERAMPILAN
PROSES SAINS
Tujuan :
Mengukur keterampilan
proses sains siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Jenjang Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/semsester :
VIII/I
Materi : Teorema
Pythagoras
Standar
Kompetensi : Menggunakan
Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar : Menggunakan
Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Tingkatan Aktifitas yang diperlihatkan
|
||
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Kurang
|
||
|
1.
|
Mengamati
|
·
Menggunakan
banyak indera dalam mengamati percobaan dalam menemukan Teorema Pythagoras
·
Mengumpulkan/menggunakan
fakta yang relevan mengenai percobaan menemukan teorema Pythagoras tersebut.
|
·
Menggunakan sedikit indera dalam
mengamati percobaan dalam menemukan Teorema Pythagoras
·
Mengumpulkan/menggunakan fakta yang relevan mengenai
percobaan menemukan teorema Pythagoras tersebut.
|
·
Menggunakan sedikit indera dalam mengamati percobaan dalam
menemukan Teorema Pythagoras
|
|
2.
|
Mengelompokkan/ mengklasifikasi
|
·
Mencatat
setiap pengamatan dalam
percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras secara terpisah
·
Mencari
perbedaan, persamaan dan mengontraskan ciri-ciri
·
Membandingkan dan mencari dasar pengelompokkan dan penggolongan
·
Menghubungkan
hasil-hasil pengamatan dalam
percobaan menemukan rumus teorema pythagoras
|
·
Mencatat
setiap pengamatan dalam
percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras secara terpisah
·
Menghubungkan
hasil-hasil pengamatan dalam
percobaan menemukan rumus teorema pythagoras
|
·
Mencatat
setiap pengamatan dalam
percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras secara terpisah
|
|
3
|
Menafsirkan/interpretasi
|
·
Mendapatkan
data hasil pengamatan dengan tepat, adanya deskripsi, menyimpulkan hasil
pengamatan dengan tepat
|
·
Mendapatkan
data hasil pengamatan dengan tepat, adanya deskripsi, menyimpulkan hasil
pengamatan
|
· Data hasil pengamatan kurang
lengakap, hanya sebagian yang dideskripsikan, kesimpulan kurang tepat
|
|
4.
|
Meramalkan/ prediksi
|
·
Menggunakan
banyak
pola hasil pengamatan
·
Mengemukakan
apa yang terjadi pada keadaan yang belum diamati
|
·
Menggunakan
sedikit pola hasil pengamatan
·
Mengemukakan
apa yang terjadi pada keadaan yang belum diamati
|
·
Menggunakan
sedikit pola hasil pengamatan
|
|
5.
|
Mengajukan pertanyaan
|
·
Bertanya
apa, bagaimana, dan mengapa.
·
Bertanya
untuk meminta penjelasan.
·
Mengajukan
pertanyaan yang melatar belakang hipotesis
|
·
Bertanya
apa, bagaimana, dan mengapa.
·
Bertanya
untuk meminta penjelasan.
|
·
Bertanya
apa, bagaimana, dan mengapa.
|
|
6.
|
Berhipotesis
|
·
Mengetahui
bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian selama percobaan menemukan rumus
teorema Pythagoras.
·
Menyadari
bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh
bukti lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah
|
·
Mengetahui
bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian selama percobaan menemukan rumus
teorema Pythagoras.
·
Menyadari
bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh
bukti lebih banyak
|
·
Mengetahui
bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian selama percobaan menemukan rumus
teorema Pythagoras.
|
|
7.
|
Merencanakan percobaan/
penelitian
|
·
Menjelalaskan
tujuan yang logis dan relevan dengan, menjelaskan hipotesis yang mengacu pada
tujuan, menjelaskan alat dan bahan dengan benar, menjelaskan cara kerja
dengan benar.
|
·
Menjelalaskan
tujuan yang logis dan relevan dengan, menjelaskan alat dan bahan dengan
benar, menjelaskan cara kerja dengan benar.
|
·
Menjelalaskan
tujuan yang logis dan relevan dengan, menyebutkan alat dan bahan dengan
benar, menyebutkan cara kerja dengan benar.
|
|
8.
|
Menggunakan alat/bahan
|
·
Dapat
menggunakan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan menemukan rumus
teorema Pythagoras dengan
tepat, mengerti kegunaan alat dan bahan yang digunakan, dapat membedakan
fungsi dari masing-masing alat
|
·
Dapat
menggunakan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan menemukan rumus
teorema Pythagoras,
mengenal keguanaan alat dan bahan yang digunakan, mengenal fungsi dari
masing-masing alat
|
· Kurang bisa menggunakan alat dan
bahan yang
digunakan dalam percobaan menemukan rumus teorema Pythagoras, mengenal sebagian keguanaan alat
dan bahan yang digunakan, mengenal sebagian fungsi dari masing-masing alat
|
|
9.
|
Menerapkan konsep
|
·
Menggunakan
konsep teorema
Pythagoras yang telah dipelajari dalam
situasi baru
·
Menggunakan
konsep teorema
Pythagoras pada pengalaman baru untuk
menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
·
Menggunakan
konsep teorema
Pythagoras yang telah dipelajari dalam
situasi baru
·
Menggunakan
konsep teorema
Pythagoras pada pengalaman baru
|
·
Menggunakan
konsep teorema
Pythagoras yang telah dipelajari dalam
situasi baru
|
|
10.
|
Berkomunikasi
|
·
Memberikan/menggambarkan
data empiris hasil percobaan/ pengamatan mengenai rumus teorema Pythagoras dengan grafik, tabel atau cara lainnya.
·
Menyusun
dan menyampaikan laporan secara sistematis
·
Menjelaskan
hasil percobaan mengenai
rumus teorema Pythagoras
·
Mendiskusikan
hasil kegiatan suatu masalah atau suatu peristiwa yang berhubungan dengan teorema
pythagoras
|
·
Memberikan/menggambarkan
data empiris hasil percobaan/ pengamatan mengenai rumus teorema Pythagoras dengan grafik, tabel atau cara lainnya.
·
Menyusun
dan menyampaikan laporan secara sistematis
·
Menjelaskan
hasil percobaan mengenai
rumus teorema Pythagoras
|
·
Memberikan/menggambarkan
data empiris hasil percobaan/ pengamatan mengenai rumus teorema Pythagoras dengan grafik, tabel atau cara lainnya.
|
Nama
Siswa : ____________________________________
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
|
Skor
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1
|
Mengamati
|
|
|
|
|
2
|
Mengelompokkan/ mengklasifikasi
|
|
|
|
|
3
|
Menafsirkan/interpretasi
|
|
|
|
|
4
|
Meramalkan/ prediksi
|
|
|
|
|
5
|
Mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
6
|
Berhipotesis
|
|
|
|
|
7
|
Merencanakan percobaan/
penelitian
|
|
|
|
|
8
|
Menggunakan alat/bahan
|
|
|
|
|
9
|
Menerapkan konsep
|
|
|
|
|
10
|
Berkomunikasi
|
|
|
|
Kriteria Pemberian Skor:
Skor 1 = Sangat baik
Skor 2 = Baik
Skor 3 = Kurang
Penilaian Terakhir :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar